Santun di Dunia Maya, Cerdas di Dunia Nyata

Tidak ada komentar 157 views

Ahad malam, 28 Rabi’ul Awwal 1442 H bertepatan dengan tangga 13 Desember 2020, bagian Shahafah Ma’had ‘Aly an-Nuur mengadakan acara Seminar Jurnalistik sekaligus pelantikan anggota baru.

Tema yang diangkat dalam seminar; Santun di Dunia Maya, Cerdas di Dunia Nyata. Narasumbernya Ust. Mas’ud Izzul Mujahid. Beliau adalah salah satu aktivis dakwah Soloraya, alumni sekaligus salah satu staf dosen di Ma’had ‘Aly An-Nuur

Hari ini zaman telah berubah, medan dan ruang dakwah terbuka lebar, kata beliau. Dakwah tak bisa lagi dimaknai sekedar taklim dan ceramah dari satu tempat ke tempat lain, dari masjid ke masjid, atau dari kampung satu ke kampung lainnya. Tapi lebih dari itu.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi bisa dimanfaatkan untuk meluaskan medan dakwah ke dunia maya. Media sosial adalah salah satu platform yang bisa dimanfaatkan untuk itu.

Bagi siapapun yang terjun di medan dakwah ini, pesan beliau, dia harus mengetahui fiqhul waqi’ (fikih realitas) dan prinsip-prinsip dasar dalam berdakwah, agar nyambung antara kebutuhan umat dan materi yang disampaikan.

Dakwah dalam dunia maya juga harus santun, dalam arti, narasi yang dibangun harus bisa dipahami umat dan berbasis data yang akurat, hati-hati hoax.

Selain santun, harus juga cerdas. Punya visi dan misi yang jelas, bukan hanya ikut arus dan tren yang berkembang.

Sekira pukul 21:45 acara selesai, ditutup dengan pembagian hadiah lomba artikel dan desain grafis, sekaligus pembacaan susunan pengurus bagian shahafah yang baru. Alhamdulillah, semua rangkaian acara berjalan lancar sesuai rencana.

Jazzakumullah khairan kami ucapkan kepada Ust. Mas’ud Izzul Mujahid atas sharing ilmunya.

Semoga bermanfaat untuk pengembangan dakwah Islam kedepan. [Bag. Shahafah]

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Santun di Dunia Maya, Cerdas di Dunia Nyata"