Pemurnian Akidah Dalam Pendidikan Islam: Telaah Atas Kitab Bonang Karya Sunan Bonang

Dari sekian banyak ulama Nusantara, Sunan Bonang adalah ulama yang penting untuk dikaji pemikirannya. Sunan Bonang adalah salah satu dari Wali Sanga yang mempunyai peran besar dalam mengislamkan Tanah Jawa. Ia pernah menjadi imam pertama Masjid Agung Demak (1480 sampai 1506 atau 1512), berkeliling ke banyak daerah di Jawa untuk mendakwahkan Islam, akhirnya mendirikan pesantren di Tuban. Selain sebagai praktisi dakwah dan pendidikan, Sunan Bonang juga seorang cendikia.

Ada beberapa naskah yang diduga kuat merupakan karya Sunan Bonang atau yang memuat ajarannya. Salah satunya adalah Kitab Bonang. Naskah ini lebih sering dipandang sebagai naskah yang memuat ajaran tasawuf Sunan Bonang daripada naskah yang memuat ajaran akidahnya.

Padahal para ulama terdahulu tidak pernah memisahkan unsur akidah dan tasawuf, pun begitu dengan Sunan Bonang, kitab ini bertujuan untuk menjada kemurian akidah dari pemahaman menyimpang yang berkembang  di Jawa abad ke-16.

Kitab Bonang menjadi model buku ajar akidah abad ke-16. Kitab ini menggambarkan kurikulum pendidikan akidah di Tanah Jawa pada masa itu, disinilah letak urgensi telaah terhadap Kitab Bonang itu, banyak hikmah yang bisa kita ambil sebagai inspirasi pendidikan Islam saat ini. [Dr. Isa Anshari]

Dwonload versi lengkapnya (pdf): Pemurnian Aqidah Sunan Bonan

author
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Pemurnian Akidah Dalam Pendidikan Islam: Telaah Atas Kitab Bonang Karya Sunan Bonang"